SOLUSI DARI TANTANGAN DALAM MENGELOLA BISNIS DIGITAL

Hy saya Sonia syam Mahasiswi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumbar (STIE SUMBAR).

Saya mendapatkan tugas dengan mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi dari dosen saya yang bernama Hendra Gustomi SE.Msc

Tugas saya yaitu Apa solusi dari tantangan dalam mengelola Bisnis Digital.

Bisnis digital sudah tidak asing lagi bagi kita, sudah banyak nya perusahaan digital dengan menggunakan teknologi internet untuk transaksi, dan informasi pun bisa cepat mengalir dengan cepat diantara bagian – bagian dalam perusahaan dengan pihak eksternal ( costumers, suppliers dan partner bisnisnya ).

1. Tantangan dalam penciptaan strategi bisnis.
Di dalam berbisnis, pembisnis harus adanya strategi bisnis yang baik, supaya bisnis yang di jalankan bisa menghasilkan lebih banyak materi dan uang dalam waktu jangka panjang.
Solusi nya menurut saya kita sebagai pembisnis harus bisa mencari tau barang – barang atau jasa apa yang menarik yang paling di butuhkan konsumen. Dan dimana kita harus berfikir keras dan kreatif dalam menjalankan usaha kita dengan menciptakan sesuatu yang baru dan unik / berbeda dengan usaha orang lain, misal nya dari segi pelayanan dan bentuk kemasanya, sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan barang kita.

2. Tantangan dalam gelombang Globalisasi.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang transportasi dan telekomunikasi telah membuat dunia terasa seolah tanpa batas dan sekat. kemajuan teknologi telekomunikasi telah membuat hubungan komunikasi penduduk antar negara di berbagai belahan dunia menjadi semakin terbuka dan mudah.
Guna menghadapi tantangan tersebut, maka sumber daya manusia yang berkualitas (masyarakat dan kalangan dunia usaha yang kreatif dan inovatif) sangat diperlukan untuk dapat memainkan peran sebagai pelaku aktif yang dapat bersaing atau bahkan keluar sebagai pemenang dalam persaingan global.
Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu bersaing dengan semua bangsa di dunia, maka semua komponen masyarakat terutama dunia pendidikan di tuntut perannya untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajan. Globalisasi tidak bisa ditolak atau dihindari, dia hadir seiring perkembangan peradaban manusia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah menghadapinya dengan seksama, turut serta memainkan peran dalam setiap tantangan dan peluang yang tersedia.

Salah satu faktor yang menentukan dalam daya saing suatu produk adalah mutu produk. Mutu merupakan bagian isu kritis yang menantang dalam persaingan global. Tantangan lainnya dalam menghadapi pasar dan persaingan bebas adalah bagaimana menciptakan sektor pertanian dan industri yang efisien, efektif, dinamis dan berkelanjutan, penyebarluasan teknologi dan inovasi yang terkait dengan sistem produksi, packaging, serta pemasaran.

3. Tantangan dalam perencanaan insfrastruktur dan arsitektur informasi di dalam perusahaan.
1. Merencanakan insfrastruktur secara menyeluruh.
2. Mempertimbangkan kebutuhan insfrastruktur di masa depan.
3. Memaksimasi penggunaan ulang dan silang komponen infrastruktur
4. Memilih teknologi yang tepat.
5. Menerapkan prosedur baku dalam perencanaan dan pengelola insfrastruktur.

4. Tantangan dalam kontrol dan respon :
1. Mengatur dan mengontrol kelancaran bisnis untuk kemajuan bisnis
2. Bisa menerima masukan atau saran.

Semoga bermanfaat 😊

Refrensi
https://www.kompasiana.com/zulharto_susilo/peluang-dan-tantangan-globalisasi_5633114b73937345075f5ccc

https://wibisastro.wordpress.com/2008/10/27/perencanaan-infrastruktur-ti/

Leave a comment